Ciri - Ciri Ciblek Jantan


Ciri - Ciri Ciblek Jantan - Sebelum saya uraikan tentang Ciri - Ciri Ciblek Jantan sekedar saya ingatkan tau mengingat kembali tentang burung ciblek, Burung Ciblek merupakan burung fighter kecil yang memiliki suara tembakan dahsyat. Jika burung ini telah cukup umur, dia bisa mengeluarkan suara ngebren yg benar-benar mirip dengan rentetan senjata AK-47. Sayangnya, tidak semua ciblek mampu mengeluarkan suara-suara tersebut. Hanya ciblek jantan yang memiliki kemampuan seperti itu. Oleh karenanya, jika kita ingin memelihara ciblek, sangat disarankan untuk memilih ciblek jantan dibanding yang betina. Persoalanya, tidak mudah bagi kita untuk membedakan mana ciblek jantan atau ciblek betina. Ciri-ciri umum yang sudah kita ketahui terkadang telah dimanipulasi oleh para pedagang.
Namun demikian, ada baiknya kita untuk mengulas kembali apa saja ciri-ciri ciblek jantan dan betina supaya kita bisa berhati-hati dalam membeli. Dan berikut ciri-ciri umum dari burung kecil tersebut.
1. Ciri-ciri ciblek jantan
- Paruh atas dan bawah berwarna hitam pekat (termasuk paruh dalam ronga mulut)
- Ekor rapat dan panjang
- Warna bulu abu abu bagian kepala jelas (dileher abu abunya membentuk kalung)
- Suara (dominan nembak …ciblek….ciblek..ciblek…dan variasi lainnya)
- Tidak ada alis putih di atas dan bawah mata
2. Ciri-ciri ciblek betina
- Paruh atas hitam bagian bawah putih (termasuk rongga dalam mulut berwarna putih)
- Ekor mengembang dan pendek (menyerupai kipas)
- Warna bulu agak bagian kepala kuning kehijau hijauan (abu abu dileher tidak membentuk kalung)
- Jarang bersuara/ hanya bersuara cinenenen..cinenenn…
- Ada alis putih di atas dan bawah mata
Setelah mengetahui ciri-ciri umum dari ciblek jantan dan ciblek betina diatas, sekerang terserah kita semua apakah mau memelihara burung tersebut atau tidak. Andaikan berminat, pilihlah ciblek putih jantan dibanding ciblek kuning. Akan tetapi, semua kembali ke selera masing-masing individu. Yang jelas, ciblek putih jantan biasanya memiliki tembakan yang lebih panjang dibanding ciblek kuning.
Terakhir, semoga ciri-ciri ciblek jantan dan ciri-ciri ciblek betina diatas bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Popular Post

There was an error in this gadget