Latest Updates

CARA MENANAM TANAMAN NENAS (Pineapple) YANG BENAR

CARA MENANAM TANAMAN NENAS (Pineapple) YANG BENAR





Nanas merupakan buah yang enak, permintaannya juga banayk. Oleh karena itu sekarang nanas merupakan buah yang mulai diminati para petani buah. Karena permintaan dan kegunaan yang banayk. Nah intik menanam nanas itu perlu banyak yang diperhatikan,,, nah berikut adalah cara menanam nanas dengan baik.

Nenas/nanas ditanam dengan populasi 24.000 – 72.000 tanaman/ha, tergantung dari kultivar yang ditanam dan tujuan penanaman. Nenas/nanas untuk olahan harus ditanam dengan populasi rendah (40.000 – 50.000 tanaman/ha) agar memperoleh buah dengan ukuran besar, sedangkan nenas/nanas untuk konsumsi segar dapat ditanam dengan populasi tinggi (60.000 – 70.000 tanaman/ha).

The Siam Agro-Industry (Pineapple) Co. (SAICO) di Rayong Thailand, menanam dengan populasi 20.000 tanaman/ha, tetapi sekarang ditingkatkan menjadi 62.500 tanaman/ha, sedangkan PT Riau Saktu United Plantation di Riau menanam dengan populasi 50.000 tanaman/ha untuk nenas/nanas monokultur dan 20.000 tanaman/ha untuk nenas/nanas yang ditumpangsarikan dengan kelapa. PT Great Giant Pineapple Company, Lampung menanam dengan populasi 48.485 tanaman/ha.

Penanaman pada lahan yang sudah diolah, diawali dengan pembuatan lobang tanam. Lobang tanam dibuat dengan tugal, dengan kedalaman 8 cm. Bibit dimasukkan ke dalam lubang sampai pangkal bibit mencapai dasar lubang, kemudian tanah disekitarnya ditekan. Seorang tenaga kerja yang sudah berpengalaman dapat menanam 2.000 bibit per hari. Apabila kematian bibit cukup tinggi (> 10%), maka dilakukan penyulaman, agar target produksi dapat tercapai.

Nah demikian cara menanam nanas dengan baik. Semoga berhasil dan bermanfaat.

0 Response to "CARA MENANAM TANAMAN NENAS (Pineapple) YANG BENAR"

Post a Comment